Search

Senin, 04 April 2011

LAKUKAN OLAHRAGA untuk penyegahan penyakit

Kesibukan memang terkadang seperti melenakan kita, membuat kita melupakan kaidah-kaidah hidup untuk sehat dan bugar.
ldealnya, selain asupan gizi seimbang, tubuh juga perlu olahraga dan rileks serta jauh dari ketegangan.
Penelitian membuktikan bahwa kelelahan fisik maupun mental bisa dihindari jika kita mau menyempatkan diri untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.
LAKUKAN OLAHRAGA
Jika anda berusia 40 tahun keatas dan berkeinginan untuk bugar dan sehat, disarankan untuk berolahraga yang bersifat aerobik seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, berenang, senam aerobic atapun olahraga permainan lainnya yang anda sukai dan senangi minimal 3 kali seminggu dengan waktu latihan antara 30-45 menit.
Namun apabila tidak sempat karena keterbatasan waktu, aktifitas fisik lain dapat membantu anda untuk melancarkan peredaran darah serta mengeluarkan kalori.
Contoh mudah aktifitas fisik yang bisa dilakukan baik di kantor atau di rumah adalah jalan kaki di selang waktu bekerja, naik turun tangga, berkebun, berlari kecil, bersepeda ataupun apabila mungkin misalnya dengan bersepeda dan jalan kaki ketika menuju dan pulang dari kantor.
Selain itu, untuk melepaskan kepenatan kerja serta menjaga Gesture dan Posture yang baik, lakukan peregangan, misalnya setiap setelah bekerja selama satu setengah sampai dua jam.
Memasuki usia paruh baya, bukan alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga tetap harus dilakukan, namun porsi dan jenisnya haruslah disesuaikan dengan kemampuan dan usia, untuk hal ini kami tunggu apabila anda ingin berkonsultasi.
Selain itu, jangan abaikan pola makan sehat; makanlah tiga kali sehari namun dengan porsi yang wajar—tidak berlebihan, kurangi makanan berlemak, karbohidrat, serta perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Kualitas hidup masih bisa dipertahankan meski usia kita terus bertambah, anda setuju bukan?
CEGAH PENYAKIT
Selain menjaga massa otot dan kesehatan fisik secara umum, olahraga bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit, sebut saja kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, stroke, jantung koroner, dan obesitas.
Penelitian membuktikan, olahraga bisa memperkecil risiko “kanker” tertentu, yakni payudara dan kanker prostat.
Olahraga teratur juga membuat tidur lebih nyenyak, bagi mereka yang mengidap insomnia, olahraga dapat membantu keluhan ini.
Menurut pakar di bidangnya, olahraga teratur juga dapat meningkatkan gairah seks, karena dengan berolahraga secara teratur, peredaran darah akan menjadi lancar sehingga lebih bugar.

sumber: Olahraga untuk mencegah penyakit http://id.shvoong.com/medicine-and-health/diet-and-exercise/1987257-olahraga-untuk-mencegah-penyakit/#ixzz1Icg3oO3b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar