Search

Jumat, 22 April 2011

Bahaya dan Solusi dari Kecanduan Internet

internet tentu sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat kita ini. Pengguna terbanyak internet sekarang adalah kaum remaja , mereka menggunakan sering menggunakan internet untuk berjelajah ke situs jejaring sosial , chatting  , main game online atau sekedar mencari informasi saja.

Hal tadi sebenarnya adalah positif kalau tidak dilakukan berlebihan , seperti menggunakan internet untuk berjelajah ke situs jejaring sosial dan chatting gunanya untuk bersosialisasi dengan teman . Main game online untuk refreshing . Menggunakan internet untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Semuanya positif-positif saja asal kita dapat menggunakan internet dengan baik dan efektif , tapi apa yang terjadi bila kita
menggunakan internet berlebihan ? Bahkan sampai kecanduan ?

Bahaya dari Kecanduan Internet :

1. Lupa Waktu

Kecanduan internet dapat membuat kita jadi lupa waktu , waktu makan , waktu kerja , waktu mengerjakan tugas semuanya dilewatkan untuk berinternet ria , bahkan di sela-sela waktu kerja bagi orang dewasa atau belajar bagi anak-anak , kita mungkin bisa saja curi-curi waktu untuk berinternet dengan handphone sehingga proses kerja atau belajar kita jadi terhambat.

2. Kesehatan dan keadaan tubuh terganggu
Ya , ternyata hanya dengan duduk saja dan berinternet ria berlebihan , kita sudah menggangu kesehatan kita . Dari segi otak , otak kita tentu akan lelah , akibatnya otak sulit dan lambat untuk berpikir . Dari segi mata , mata kita bisa rusak terkena radiasi , akibatnya mata minus. Dari segi badan , badan kita akan terasa tidak bertenaga , tidak fit dan lemas serta pegal-pegal.

3. Terlalu banyak mengeluarkan uang
Coba kita hitung berapa pengeluaran yang kita gunakan untuk berinternet ria. Bila kita termasuk orang yang kecanduan internet sudah pasti banyak uang yang terbuang untuk sekedar berinternet.

4. Kehidupan nyata terganggu
Saya juga mengalami kecanduan internet. Akibatnya saya sebagai remaja (siswa) , nilainya menurun , sejak awal semester 2 saya di SMA kelas 1 ini (sejak dipasangnya internet) , nilai ulangan saya jadi selalu jelek , saya menggunakan waktu tiap harinya untuk berinternet saja , saya tidak tahu tujuannya apa tapi saya merasa senang , akibatnya saya lupa waktu dan akhirnya sering tidak belajar dan tidak mengerjakan tugas dengan baik. Selain itu saya juga mengalami kelelahan dan lambat dalam berpikir jadinya . Kalau anda sebagai orang yang bekerja mungkin anda juga akan mengalami kelelahan otak akibatnya anda jadi lambat berpikir , dan anda juga pasti akan sering lupa waktu seperti saya.

Solusi dari Kecanduan Internet :
1. Hindari sesuatu yang mengingatkan anda akan internet
Hindari sesuatu yang mengingatkan anda akan internet , supaya hasrat anda untuk menggunakan internet tidak tambah menjadi-jadi.

2. Kerjakan dulu apa yang menjadi kewajiban anda
Kerjakan dulu apa yang menjadi kewajiban anda , supaya keseimbangan terjadi , internet hanya sebagai media refreshing sedangkan pekerjaan adalah suatu tanggung jawab yang harus dikerjakan.

3. Membuat jadwal
Buat jadwal akan jadwal anda akan berinternet dan patuhi jadwal itu , jika dilakukan dengan konsisten anda bisa terlepas dari kecanduan internet.

4. Pikirkan manfaatnya
Berinternet hanya untuk mengucapkan hai kepada teman baru di jejaring sosial yang sama sekali kita belum tahu aslinya ? Chatting dengan teman sampai berjam-jam atau main game online sampai berjam-jam ? Itu sama sekali tidak ada manfaatnya , ingat internet adalah media refreshing semata bukan tempat anda bekerja dan belajar.

Ok , itulah pengulasan Bahaya dan Solusi dari Kecanduan Internet dari saya , semoga anda bisa lepas dari kecanduan internet , terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar